Minggu, 05 Februari 2012

Karya Sastra Puisi


            Karya Sastra tercipta berdasarkan dari perenungan dan pengalaman penulis dari realita kehidupan dan realita sekelilingnya.Demikian pula dengan puisi.Puisi tercipta dari realita alam,social,dan kehidupan sosial dari si penulis sendiri.
            Dalam pembuatan puisi,diperlukan suasana perasaan dan pikiran dari penyair yang mampu dipahami oleh pembaca.Para penyair bisa mengungkapkan suatu tema puisi dengan berbagai variasi yang berbeda antara penyair satu dengan penyair yang lain.
            Memahami dan memaknai isi suatu karya sastra puisi tidak sebatas memahami ungkapan pikiran dan perasaan dari penulisnya saja.Tapi juga harus bisa memahami realita alam,sosial,dan kehidupan masyarakat tertentu yang digambarkan oleh penulis dalam karyanya.Pemaknaan terhadap suatu karya sastra puisi akan berbeda-beda antara stiap individu.Hal ini disebabkan oleh sifat karya sastra yang multi interprestasi.
            Dalam Puisi kita juga menemukan tema,perasaan,nada,suasana,amanat,diksi,citraan (pengimajinasian),dan majas.Berikut adalah penjelasannya :
1)      Tema : gagasan pokok yang dikemukakan oleh penulis atau penyair.
2)      Perasaan : perasaan penyair yang ikut terekspresikan dalam karya puisinya.
3)      Nada dan suasana : nada dan suasana puisi saling berhubungan karena nada itu akan menimbulkan suasana bagi pembacanya.
4)      Amanat : pesan pengarang yang ada dalam puisi yang diperuntukkan untuk pembacanya.
5)      Citraan : gambaran-gambaran angan dalam sajak.Citraan biasanya berupa gambaran sebuah objek yang tampak oleh mata batin kita,tetapi dapat juga berupa hal-hal yangmerangsang panca indera lain,seperti pendengaran,penciuman,penglihatan,dan perasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar